SK PPKD ( PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DESA )

PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN

KECAMATAN GUBUG

DESA SABAN

Alamat :Jln Raya Saban –Gubug KM.04 Desa Saban Kecamatan Gubug

Kabupaten Grobogan Kodepos 58164

KEPUTUSAN KEPALA DESA SABAN

Nomor  :  143 / 01 /I/ 2018

TENTANG

PEJABAT PENGELOLA KEUANGAN DESA SABAN

KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

TAHUN ANGGARAN 2018

 

KEPALA DESA SABAN

Menimbang          :     a.      bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014, Kepala Desa adalah Pemegang Kekuasaan Pengelolaan Keuangan Desa dan dalam melaksanakan kekuasaannya tersebut Kepala Desa menguasakan sebagian kekuasaannya yang berupa perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban kepada perangkat Desa;

  1. bahwa guna kelancaran pelaksanaan perencanaan, pelaksanaan penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban keuangan Desa Saban Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2018, maka perlu menetapkan Pejabat Pengelola Keuangan Desa SABAN Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun 2018.
  2. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud huruf a dan b di atas perlu menetapkan Keputusan Kepala Desa tentang Pejabat Pengelola Keuangan Desa SABAN Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Anggaran 2018.

Mengingat             :     1.      Undang-Undang Nomor 13 Tahun 1950 tentang Pembentukan Daerah-daerah Kabupaten dalam Lingkungan Propinsi Jawa Tengah;

  1. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara;
  2. Undang-undang No 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan;
  3. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  4. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah;
  5. Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah;
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  7. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja;
  8. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa;
  9. Peraturan Bupati Grobogan Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan di Desa dan Keputusan Kepala Desa;
  10. Peraturan Bupati Grobogan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa;
  11. Peraturan Bupati Grobogan Nomor 26 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018;
  12. Peraturan Bupati Grobogan Nomor 31 Tahun 2015 tentang Standarisasi Biaya Kegiatan dan Honorarium, Biaya Pemeliharaan dan Standarisasi Harga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Kabupaten Grobobogan Tahun Anggaran 2018;
  13. Peraturan Desa SABAN Nomor 01 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018;
  14. Peraturan Kepala Desa SABAN Nomor 02 Tahun 2018 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Tahun Anggaran 2018.

M E M U T U S K A N  :

Menetapkan         :

KESATU                 :     Pejabat Pengelola Keuangan Desa SABAN Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Anggaran 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Pejabat Pemegang Kekuasaan Keuangan Desa selanjutnya disebut PPKPKD :  FAHRUDIN (Kepala Desa)
  2. Koordinator Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan Desa disebut Koordinator PTPKD : MUKLAS (Sekretaris Desa)
  3. Pelaksana Teknis Pengelola Keuangan Desa selanjutnya disebut PTPKD : SUDIYONO (Kepala Urusan / Kepala Seksi) dengan susunan keputusan terlampir dalam Keputusan Kepala Desa ini.
  4. Bendahara Penerimaan :  Alfini
  5. Bendahara Pengeluaran :  Alfini

KEDUA                      :     Tugas Pejabat Pengelola Keuangan Desa sebagaimana tersebut diktum KESATU Keputusan ini adalah sebagai berikut:

  1. PPKPKD :
  2. Menetapkan kebjakan tentang pelaksanaan APBDesa;
  3. Menetapkan Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTPKD);
  4. Menetapkan petugas yang melakukan pemungutan penerimaan desa;
  5. Menyetujui pengeluaran atas kegiatan yang ditetapkan dalam APBDesa; dan
  6. Melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban APBDesa.
  1. Koordinator PTPKD :
  2. Menyusun dan melaksanakan Kebijakan Pengelolaan APBDesa;
  3. Menyusun Rancangan PeraturanDesa tentang APBDesa, Perubahan APBDesa dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBDesa;
  4. Melakukan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBDesa;
  5. Menyusun pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa; dan
  6. Melakukan verifikasi terhadap bukti-bukti penerimaan dan pengeluaran APBDesa.
  1. PTPKD :
  2. Menyusun rencana pelaksanaan kegiatan yang menjadi tanggungjawabnya.
  3. Melaksanakan kegiatan dan/atau bersama Lembaga Kemasyarakatan Desa yang telah ditetapkan di dalam APBDesa;
  4. Melakukan tindakan pengeluaran yang menyebabkan atas beban anggaran belanja kegiatan;
  5. Mengendalikan pelaksanaan kegiatan;
  6. Melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada Kepala Desa; dan
  7. Menyiapkan dokumen anggaran atas beban pengeluaran pelaksanaan kegiatan.
  1. Bendahara Penerimaan :

Menerima, menyetorkan, menatausahakan dan mempertanggung jawabkan penerimaan pendapatan desa;

  1. Bendahara Pengeluaran :

Mencairkan, membayarkan, menatausahakan dan mempertanggung jawabkan pengeluaran atas belanja desa dalam rangka pelaksanaan APBDesa.

KETIGA                     :     Segala biaya yang timbul akibat dikeluarkannya Keputusan ini dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa SABAN Tahun Anggaran 2018 pada kode rekening  2.1.02.02.01.

KEEMPAT                :     Keputusan Kepala Desa ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

Ditetapkan di       :  SABAN

Pada tanggal        :  10  Januari  2018

KEPALA DESA SABAN

FAHRUDIN

Lampiran   :  Keputusan Kepala Desa SABAN

                           Nomor      :  143 / 01/ I / 2018

                           Tanggal     :  10 Januari 2018

SUSUNAN PELAKSANA TEKNIS PENGELOLA KEUANGAN DESA

DESA SABAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN

TAHUN ANGGARAN  2018

NO BIDANG / KEGIATAN SUMBER DANA JUMLAH ANGGARAN (Rp) NAMA PTPKD
1 BIDANG PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA APBDES 2018 RP 401.009.940,00 SUDIYONO
2 BIDANG PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DESA APBDES 2018 RP 841.489.100,00 SUDIYONO
3 BIDANG PEMBINAAN KEMASYARAKATAN APBDES 2018

 

RP 37.436.560,00 MULYONO
4 BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT APBDES 2018 RP 35.197.200,00 MULYONO
5  BIDANG TAK TERDUGA

 

APBDES 2018 RP.    237.680,00 MULYONO

KEPALA DESA SABAN

FAHRUDIN

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas